07 May 2012

Tugas 3 Pend. Kewarganegaraan (Soft Skill)


Politik dan Strategi Nasional


Kata Pengantar:

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga berhasil menyelesaikan tugas Makalah Politik dan Strategi Nasional ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya. Tulisan ini dibuat dalam rangka untuk memenuhi penilaian dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan bertemakan Politik dan Strategi Nasional yang dapat dikembangkan untuk membuka pandangan hidup masyarakat tentang dunia perpolitikan dan pembahasan mengenai strategi nasional. Terkandung di dalamnya Pengertian Politik, Negara Kekuasaan, Distribusi Kekuasaan dan Dasar Pemikiran POLSTRANAS.

Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari bapak dosen yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kemajuan dalam membuat sebuah tulisan. Serta supaya manfaat dari sebuah tulisan dapat dirasakan oleh pembaca.

Akhir kata, saya meminta maaf apabila masih terdapat sedikit kekurangan dalam tugas ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha yang telah diperbuat. Amin.

Jakarta, 25 April 2012


Faiz Adi Wicaksono
Pendahuluan

Politik dan Strategi Nasional erat kaitannya dengan pembangunan dan perencanaan negeri ini guna mencapai tujuan yang sudah diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945. Kita sebagai penerus bangsa seharusnya mengetahui hak dan kewajibannya untuk terus membangun negeri ini.

Isi Pembahasan

1. Politik dan Strategi Nasional

Bagi sebagian orang, politik merupakan ilmu dan seni untuk meraih kekuasaan. Namun saat ini politik menurut saya cenderung dipandang orang negatif. Hanya karena ulah oknum-oknum yang merusak citra politik. Serta strategi nasional erat kaitannya dengan pembentukan kebijakan publik yang merupakan suatu tahap dari perencanaan politik nasional.

Pengertian Politik

Politik merupakan sebuah konsep untuk mencapai tujuan politik, sesuai dengan pembahasan diatas, sebenarnya politik bisa dilakukan secara sehat. Tapi politik bukan hanya sekadar itu saja, politik bisa menjaga hubungan internasional suatu negara dengan negara lain yang berhubungan. Dan sistem politik memiliki berbagai bentuk dan karakteristik yang berbeda di setiap negara.

Negara Kekuasaan

Negara merupakan tempat atau suatu wilayah yang di dalamnya terdapat penduduk dan pemimpin. Pemimpin disini haruslah memiliki wewenang atau sebuah kebijakan-kebijakan yang dapat dipertanggungjawabkan. Tentunya dengan sebuah Undang-Undang yang mengatur sikap para pemimpin. Dan bukan hanya itu, pemimpin biasanya adalah seseorang yang mempunyai kharisma agar disegani oleh rakyat/penduduknya.

Pengambil Keputusan

Sang pengambil keputusan(pemimpin) biasanya dibantu oleh peran legislatif untuk menetapkan sebuah kebijakan. Peran legislatif selain menetapkan sebuah kebijakan sah atau tidaknya, juga dapat membuat sebuah hukum. Rakyat tentunya menginginkan pemimpin yang tegas dan dapat mengambil keputusan yang tepat disaat yang tepat. Bukan hanya jadi penonton disaat rakyat membutuhkan keputusan yang baik dan jitu.

Kebijakan Umum

Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum. Jika hukum dapat memaksakan atau melarang suatu perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya menjadi pedoman tindakan yang paling mungkin memperoleh hasil yang diinginkan. Sebuah kebijakan dapat dikatakan baik jika kebijakan tersebut tidak merugikan banyak orang terutama rakyat kecil. Lalu sebuah kebijakan yang diambil nantinya harus dapat dipertanggungjawabkan di depan publik.

Distribusi Kekuasaan

Kekuasaan merupakan kekuatan untuk membuat sebuah kebijakan yang memaksa pihak lain untuk melakukan melaksanakan sebuah kebijakan yang diberikan. Dalam pelaksanaannya biasanya terdapat pihak yang memerintah dan ada yang diperintah. Kekuasaan seharusnya tidak keluar jalur atau tidak menyalahi aturan, sehingga rakyat tidak merasa melakukan apa yang seharusnya dia tidak lakukan.

2. Pengertian Strategi dan Strategi Nasional

Menurut situs Wikipedia, strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Nah, dalam kaitannya dengan strategi Nasional, strategi disini merupakan sebuah cara atau pedoman untuk mencapai apa yang sudah dirancang dalam politik nasional.

3. Dasar Pemikiran Penyusunan POLSTRANAS (Politik Strategi Nasional)

Untuk menyusun sebuah POLSTRANAS haruslah berpegangan pada UUD 1945 dan pancasila serta berwawasan nasional. Setelah itu barulah kita dapat menyusun strategi nasional untuk mencapai tujuan dan cita-cita negara yang sudah lama diinginkan. Strategi yang jitu dapat merumuskan sebuah kebijakan umum yang dapat dirasakan dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya oleh rakyat.

Kesimpulan

Jadi menurut apa yang telah saya bahas dalam tulisan ini kita hendaknya mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga negara dan patuh pada hukum yang berlaku. Strategi Nasional itu penting karena itu sebagai tahap perencanaan, dimana setiap perencanaan yang matang pasti akan membuahkan hasil yang baik, tentunya untuk negeri ini. Pengambilan keputusan yang menyangkut kehidupan orang banyak harus dapat dipertanggungjawabkan. Persaingan dalam politik juga haruslah sehat supaya negeri ini bisa terus kita bawa ke level tertinggi di dunia.

No comments:

Post a Comment